5 Suggestions Sukses Jadi Entrepreneur Dari Sandiaga Uno

Sudah tidak disangsikan lagi, disiplin merupakan pondasi dasar bagi seorang pengusaha jika ingin sukses. Bila kita disiplin, maka secara sadar akan tahu persis mana hal menjadi prioritas dan mana yang tidak. Disiplin juga akan membentuk kepribadian kuat sebagai seorang pengusaha. Pengusaha yang sukses harus tahu segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnisnya.

Yang perlu Kamu siapkan saat masih berada dibangku sekolah adalah Pengetahuan dan Manajemen waktu terlebih dahulu. Mulailah dengan bisnis kecil terlebih dahulu untuk meminimalisir kebutuhan modal. Dengan begini, Anda akan menemukan ide usaha yang benar-benar baru. Ini akan membuat Anda tidak perlu terlalu disulitkan akuntansi usaha, tetapi pada keseluruhan usaha Anda.

Sebuah bisnis yang sukses tidak terlepas dari lokasinya yang strategis. Misalkan, kamu membuka sebuah kedai kopi di daerah industri atau di sebuah mall di pusat kota. Mudahnya aksesibilitas dan tingkat keramaian di kedua tempat tersebut berbeda, dan akan mempengaruhi kesuksesan bisnis yang akan kamu jalani nantinya. Nah, kamu harus mulai mempersiapkan modal yang dibutuhkan setelah kamu mengurus legalitasnya.

Banyak cara untuk mendapatkan sumber modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis anda. Sebagai pengusaha baru biasanya semua permodalan biasanya berasal dari dana pribadi sehingga anda harus memisahkannya dengan uang pribadi. Riset pasar ini dapat anda lakukan dengan berbagai cara misalkan dengan melakukan wawancara langsung atau melalui telepon. Anda dapat mencari mentor yang berpengalaman agar dapat mempelajari tentang kegagalan dan keberhasilan mereka. Dengan mengetahui dan memahami jumlah uang yang dibutuhkan untuk memulai bisnis sangatlah penting.

Dan yang lebih penting juga harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah inovasi dan keberanian untuk mengambil risiko. Hal inilah, yang membuat pengusaha selalu tampil dengan gagasan-gagasan baru yang segar dan kreatif. Anak muda perlu punya visi, baik jangka pendek atau jangka panjang.

Cara menjadi pengusaha sukses

Keterampilan sebenarnya tidak hanya mempekerjakan tim terbaik untuk mendukung Anda, ini tentang mempekerjakan orang yang memiliki visi dan minat yang sama. Kemampuan Anda untuk memelihara hubungan kerja jangka panjang dengan wirausahawan yang berpikiran sama dalam industri Anda akan menjadi salah satu faktor kunci dalam kesuksesan bisnis jangka panjang. Pengusaha sukses tidak pernah terlalu bangga untuk menerima ketika ada peluang baru untuk meningkatkan penawaran mereka dan lebih memenuhi kebutuhan pelanggan mereka dan pasar secara keseluruhan. Meskipun demikian, Anda harus menentukan satu space dan fokus membangun bisnis. Kita memerlukan orang lain terlepas dari mereka adalah teman, keluarga siapapun itu, untuk dukungan emosional.

Tetapi, dalam setiap perjalanan sesungguhnya memang tak ada yang selalu berjalan dengan mulus. Kegagalan demi kegagalan akan Anda hadapi untuk memperkuat karakter diri. Pada fase hidup itulah, Anda harus menunjukkan bahwa Anda seorang pemuda yang pantang menyerah dan selalu bangkit dari keterpurukan.

Ramsden mengatakan salah satu hambatan wirausaha yang sering bermasalah adalah “mengelola hubungan dengan orang lain”. Membangun manajemen tim yang tepat dengan orang-orang yang tepat adalah dasar dari sebuah kesuksesan bisnis. Namun jika Anda membentuk tim yang salah, dengan orang yang tak tepat, sama saja dengan merencanakan datangnya bencana. Pengusaha cerdas tidak hanya menentukan tujuan, mereka juga membangun sistem untuk mendukung tujuan tersebut. Ramsden mengaku mulai melakukan itu dengan “benar-benar salah”.