Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Bisnis

Usaha-usaha dengan modal minim biasanya mengarah ke bidang kuliner, jasa, atau bisnis kreatif. Banyak pebisnis pemula yang mengawali bisnisnya dengan cara coba-coba. Namun, jika kurang beruntung bisa jadi akan kesulitan mengatasi kendala yang ditemui.

Memulai usaha dari bawah

Hanya saja, Anda tentu perlu memasak langsung dalam porsi banyak ketika menjalankan usaha menjanjikan ini. Anda pun harus bersiap dengan kemungkinan makanan Anda tidak habis dan tidak bisa dijual lagi. Walaupun sebenarnya, pelanggan yang datang ke tempat usaha Anda sebenarnya tidak akan berhenti. Mencari uang saat ini tidak hanya dengan menjadi pekerja untuk perusahaan-perusahaan besar.

Di tahun ke-4, seorang pengusaha besar restoran bernama Fadli menyatakan minatnya membeli restoran PT Kuliner. Karena masa vesting three tahun sudah selesai, maka masing-masing pemegang saham bebas menjual saham mereka. ACDE tidak keberatan menjual saham mereka secara bersama-sama bila harga dari Fadli cocok. Likuidasi saham ke dalam bentuk uang biasa disebut sebagai exit. Alkisah, Andi adalah seorang chef restoran ternama yang berpengalaman. Setelah ia hitung modal mendirikan dan operasional restoran di tahun pertama perlu Rp 100 juta.

Anda pun mesti menyiapkan tenaga kerja tambahan jika memang usaha berkembang baik. Kelebihan usaha ini adalah kue kering termasuk makanan yang daya tahannya lama sehingga Anda bisa menyetoknya untuk sekali produksi. Namun, Anda mesti siap tidak selalu mendapatkan pesanan tiap hari. “Shandy lah sosok yang mau menemani aku membangun usaha dari nol,” jelas Gilang.

Ini bisa menjadi perkiraan bahwa Anda perlu mengeluarkan modal pribadi atau mencari investor untuk memulai bisnis Anda. Rancangan business plan yang benar akan membantu dalam mendatangkan investor untuk memberikan modal, terlebih usaha Anda bisa meyakinkan kepada investor. Memulai bisnis kuliner yang menjanjikan memang bukan perkara gampang. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan agar bisnis makanan online mencapai sukses. Semoga suggestions yang kami susun membantu Anda untuk merintis bisnis kuliner Anda sendiri.